Skip to main content

Satelit mini diciptakan remaja 18 tahun


Perangkat ini seberat 64 Gram yang di ciptakan oleh Rifath Shaarook remaja yang berumur 18 tahun memenangkan kompetisi yang di sponsori oleh NASA.


Rifath Shaarook. Mengatakan bahwa satelit mini diciptakan dengan printer 3 dimensi, menggunakan bahan serat karbon.


Satelit itu akan diterbangkan ke luar angkasa oleh NASA dan menjalani misi berdurasi 4 jam. Dalam periode itu, satelit Rifath akan beroperasi selama sekitar 12 menit dalam ruang micro-gravity.


“Kami merancangnya dari nol. Satelit itu akan dipasangi sebuah komputer jenis baru, yang dibekali dengan delapan sensor buatan lokal yang berfungsi untuk mengukur akselerasi, rotasi, dan magnetosper Bumi,” jelas Rifath seperti dikutip dari Business-standard, Rabu (17/5/2017)

Satelit itu dinamai KalamSat, sesuai nama mantan Presiden India, Abdul Kalam yang juga dikenal sebagai pelopor pengembangan ilmu antariksa India.


Rifath sendiri keluar sebagai pemenangan dalam sebuah kompetisi bertajuk “Cube in Space” yang digelar NASA bersama sebuah perusahaan antariksa bernama idoodle. Rifath berasal dari sebuah desa kecil di Tamil Nadu. Ia kini bekerja sebagai peneliti di Space Kidz India, sebuah institusi yang mempromosikan sains dan pendidikan bagi anak-anak serta remaja di India.

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DAN MANFAAT PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK

Pertukaran data elektronik (bahasa inggris: EDI atau Electronic Data Interchange, juga Electronic Document Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.  Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima. Harus ada persetujuan dari pelaku-pelaku bisnis yang terkait dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional untuk dapat menggunakan format-format standar ini dan mentransmisikan data secara elektronik. Manfaat EDI. EDI pada penerapannya memiliki dua manfaat, Manfaat Langsung atau manfaat yang berasal d

CONTOH ARSITEKTUR KOMPUTER

contoh arsitektur komputer 1.       Arsitektur Von Neumann Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Pada perkembangan komputer modern, setiap prosesor terdiri dari atas : Arithmetic and Logic Unit  (ALU) Arithmatic and Logic Unit atau Unit Aritmetika dan Logika berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU menjalankan operasi penambahan,  pengurangan, dan operasi-operasi sederhana lainnya pada input-inputnya dan memberikan hasilnya pada register output. Register. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang  m

Membuat Animasi Apel Jatuh dengan Blender

Pada tulisan kali ini saya menulis tentang cara membuat animasi apel jatuh dari pohon dengan aplikasi blender. 1.        Buka aplikasi blender 2.81. lalu delete cube yang tersedia dengan tombol x pada keyboard. 2.        Kemudian tambahkan objek silinder untuk membuat pohon yaitu dengan tombol shift + a di dalam mesh dan pilih silinder. 3.        Sesuaikan ukuran silinder dengan tombol s yaitu scale. 4.        Kemudian tambahkan objek untuk daun pohon yaitu dengan tombol shift+a di dalam mesh dan pilih uv sphere. 5.        Tempatkan objek daun diatas batang pohon dengan tombol G untuk memindahkan objek. 6.        Untuk membuat tekstur daun pohon dengan sculpting. Yaitu pada menu sculpting pilih tools clay. Dan aplikasikan pada objek sehingga terlihat seperti pohon. 7.        Warnai daun dan batang pada material properties dengan menambahkan material baru lalu pilih warna yang diinginkan dan assign. 8.        Kemudian tambahkan objek buah yaitu uv sphere