Skip to main content

Membuat Animasi Apel Jatuh dengan Blender


Pada tulisan kali ini saya menulis tentang cara membuat animasi apel jatuh dari pohon dengan aplikasi blender.

1.       Buka aplikasi blender 2.81. lalu delete cube yang tersedia dengan tombol x pada keyboard.

2.       Kemudian tambahkan objek silinder untuk membuat pohon yaitu dengan tombol shift + a di dalam mesh dan pilih silinder.

3.       Sesuaikan ukuran silinder dengan tombol s yaitu scale.

4.       Kemudian tambahkan objek untuk daun pohon yaitu dengan tombol shift+a di dalam mesh dan pilih uv sphere.

5.       Tempatkan objek daun diatas batang pohon dengan tombol G untuk memindahkan objek.

6.       Untuk membuat tekstur daun pohon dengan sculpting. Yaitu pada menu sculpting pilih tools clay. Dan aplikasikan pada objek sehingga terlihat seperti pohon.


7.       Warnai daun dan batang pada material properties dengan menambahkan material baru lalu pilih warna yang diinginkan dan assign.

8.       Kemudian tambahkan objek buah yaitu uv sphere dan untuk tangkai buah dengan silinder. Sesuaikan ukuran uv sphere dan silinder dengan tombol s yaitu scale.

9.       Warnai buah dan tangkai pada material properties dengan menambahkan material baru lalu pilih warna yang diinginkan dan assign.

10.   Ketika sudah diwarnai maka satukan daun dan batang dengan memblok kedua objek tersebut dengan tombol B lalu klik kanan pada mouse dan pilih join.

11.   Begitupun etika sudah diwarnai maka satukan buah dan tangkai dengan memblok kedua objek tersebut dengan tombol B lalu klik kanan pada mouse dan pilih join.

12.   Untuk melihat posisi ibjek dengan menekan numpad 1 untuk melihat dari arah depan objek.


13.   Kemudian untuk membuat buah jatuh dengan menambahkan windows drop sheet. Kemudian atur posisi buah di pohon. kemudian pada time 10 atur posisi buah ketika jatuh ke tanah dan untuk mengunci posisi dengan tombol i pada keyboard. Begitupun ketika di time ke 20 atur posisi buah keatas seperti memantul dan jatuh kembali.

14.   Maka pada graph editor posisi buah akan terlihat seperti berikut.



15.   Kemudian untuk melihat gerakan buah dengan menekan tombol play.

16.   Kemudian tambahkan objek plane sebagai tanah.

17.   Kemudian untuk merender animasi yang kita lakukan adalah mengatur posisi camera dan lock camera to agar dapat  mengunci camera tepat terlihat objek tersebut.


18.   Kemudian render animasi dengan memilih menu output properties.




19.   Lalu pilih menu render pada menu bar dan pilih render animation.

Maka hasil dari animasi yang sudah dibuat adalah sebagai berikut.



Comments

Popular posts from this blog

CONTOH ARSITEKTUR KOMPUTER

contoh arsitektur komputer 1.       Arsitektur Von Neumann Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Pada perkembangan komputer modern, setiap prosesor terdiri dari atas : Arithmetic and Logic Unit  (ALU) Arithmatic and Logic Unit atau Unit Aritmetika dan Logika berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU menjalankan operasi penambahan,  pengurangan, dan operasi-operasi sederhana lainnya pada input-inputnya dan memberikan hasilnya pada register output. Register. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang  m

PENGERTIAN DAN MANFAAT PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK

Pertukaran data elektronik (bahasa inggris: EDI atau Electronic Data Interchange, juga Electronic Document Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.  Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima. Harus ada persetujuan dari pelaku-pelaku bisnis yang terkait dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional untuk dapat menggunakan format-format standar ini dan mentransmisikan data secara elektronik. Manfaat EDI. EDI pada penerapannya memiliki dua manfaat, Manfaat Langsung atau manfaat yang berasal d