Skip to main content

MENJADI MANUSIA GLOBAL

Indonesia merupakan negara berbudaya timur yang memiliki banyak ciri khas. Meskipun seperti itu, Indonesia merupakan negara yang mudah mendapat pengaruh globalisasi, baik dari dampak negatif maupun dampak positif. Budaya barat lagi gencar-gencarnya memasuki negara timur termasuk Indonesia, seringkali budaya barat masuk ke negara Indonesia sehingga budaya negara timur semakin terkikis dan bercampur dengan budaya barat yang dipergunakan kurang maksimal, sehingga masyarakat Indonesia menerima mentah-mentah budaya barat tersebut. Padahal belum tentu budaya barat yang dianggap modern itu sesuai dengan etika maupun norma yang berlaku di Indonesia.
Indonesia mempunyai kebiasaan buruk yang secara tidak sadar bertahan adalah budaya konsumtif. Lebih tepatnya masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di perkotaan berperilaku demikian. Dari segi peningkatan pelakunya, golongan usia remaja dan dewasa muda merupakan golongan usia yang paling cepat menyerap budaya konsumtiif. Remaja merupakan salah satu contoh yang paling mudah terpengaruh dengan pola konsumsi yang berlebihan. Budaya konsumtif yang sudah mendarah daging di negara Indonesia bisa jadi merupakan dampak jangka panjang dari kebiasaan-kebiasaan hedonistik yang dimilki oleh generasi sebelum kita, atau mungkin terjadi akibat kurangnya rasa peduli terhadap dampak negatif yang ditimbulkan dari budaya tersebut.
Perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang sudah tidak rasional lagi. Nah kesimpulan dari pemaparan tersebut perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku membeli dan menggunakan barang yang tidak didasarkan padapertimbangan dan cenderung mengonsumsi terus menerus dan lebih mementingkan faktor keinginan daripada kebutuhan serta ditandai oleh adanya kehidupan mewah dan berlebihan.
Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang yang akhirnya menentukan pilihan-pilihan konsumsi. Gaya hidup konsumtif seseorang meluas menjadi budaya konsumtif sekelompok masyarakat. Budaya konsumtif yang sudah lama terjadi ini akan terus menerus mengakar pada generasi selanjutnya, yang dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif. Sudah semestinya generasi penerus lebih selektif dalam menerima budaya yang didapat dari dunia luar. Budaya konsumtif ini terkadang menimbulkan perilaku menyimpang seperti mencuri, karena melihat tren-tren yang sedang marak dan perekonomian yang tidak mencukupi maka terkadang seseorang lebih menghalalkan segala cara tanpa memikirkan dampaknya.
Perilaku konsumtif yang telah mewabah di Indonesia baik di kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas lambat laun berubah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, dan akan menuntun masyarakat kepada tumbuhnya budaya konsumtif. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya budaya konsumtif adalah lingkungan sosial, ketidakmampuan menyesuaikan diri, brand awareness yang mencakup loyalitas merek, serta perluasan merek yang di lakukan perusahaan atau produsen. Jika budaya konsumtif ini terus menerus memupuk di negara Indonesia, maka lama-kelamaan akan menjadi salah satu ciri masyarakat Indonesia. Menyikapi permasalahan ini, maka bisa dilakukan dengan cara mengurangi frekuensi berkunjung ke pusat perbelanjaan serta menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat
Berbicara tentang globalisasi tentu tidak lepas dari kehidupan yang modern, begitu pula corak kehidupan masyarakat. Masyarakat global merupakan bagian dari masyarakat modern. Mereka memiliki sifat terbuka, logis, praktis,  berpikir luas, dan tidak fanatik. Pada umumnya mereka selalu menghargai waktu, disiplin serta memiliki pola pikir yang luas namun tidak berbelit-belit. Jadi masyarakat global adalah masyarakat yang memiliki cara berpikir yang luas dan terbuka, khususnya dalam menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Percaya pada diri sendiri, mampu mengatasi persoalan dengan sebaik-baiknya, dan mempunyai keyakinan yang mantap untuk meningkatkan mutum tujuan dan sasaran hidupnya.Memiliki perencanaan yang baik dalam kehidupan pribadinya maupun yang berhubungan dengan lingkungannya, serta menunjukkan sifat menghargai orang lain, jujur, adil, dan sadar bahwa ia tidak dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dan bergantung kepada orang lain.Selalu mengikuti perkembangan zaman dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya pola hidup masyarakat global sebagai masyarakat modern selalu terlibat dalam berbagai aktivitas atau kegiatan yang menuju kepada dinamisasi, baik pola pikir maupun pola kehidupannya, dan selalu mengadakan perencanaan yang baik, teratur, serta terfokus. Oleh karena itu tercipta suatu organisasi dan rencana kerja yang mantap.
sebaiknya bangsa indonesia harus merubahh tata cara kenegarannya untuk diperuntukkan kepada generasi muda dan penerusnya. Dan generasi mudalah yg berusaha untuk membangun bangsa ini dengan baik seperti contohnya siswa/mahasiswa indonesia pergi ke luar negeri untuk pertukaran pelajar, atlet2 muda bertanding ke luar negeri dan generasi muda harus berinovasi dan kreatif untuk dapat menciptakan segala sesuatu yg dpt bermanfaat untuk negara ini, Dan negara ini harus memperhatikan bahwa anak bangsa mampu melakukannya. Hal ini lah yang dapat dilakukan untuk mempertahankan identitas bangsa dan juga untuk bersaing di era globalisasi.
4.9

Seiring dengan pesatnya arus globalisasi, tuntutan dan tantangan kehidupan pun meningkat tidak terkecuali dalam dunia pendidikan yang juga memasuki perkembangan baru. Sayangnya, reformasi dunia pendidikan diIndonesia berjalan lambat dikarenakan adanya sistem sentralisasi sementara proses globalisasi terus berjalan. Tradisi, agama dan budaya harus berhubungan dalam proses internalisasi pendidikan dan globalisasi untuk tercapainya target sistem pendidikan. Namun masyarakat kita tidak memiliki kemampuan untuk berfikir secara global dan kurangnya keterpedulian terhadap msalah – masalah global. Sekarang, sekolah – sekolah sudah mulai mencapai standart nasional dan global sehingga siswa harus dapat beradaptasi pada sistem tersebut.
Banyak sekolah di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini mulai melakukan globalisasi dalam sistem pendidikan internal sekolah. Hal ini terlihat pada sekolah – sekolah yang dikenal dengan bilingual school, dengan diterapkanya dari bahasa asing seperti bahasa inggris dan bahasa mandarin sebagai mata ajar wajib disekolah. Selain itu berbagai jenjang pendidikan baik negeri maupun swasta juga mebuka program kelas internasional. Globalisai pendidikan dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang semakin ketat. Dengan globalisasi, pendidikan diharapkan tenaga kerja indonesia dapat bersaing dipasar dunia persaingan untuk menciptakan negara yang kuat terutama dibidang ekonomi, sehingga dapat masuk dalam jajaran raksasa ekonomi tentu saja sanagt membutuhkan kombinasi antara kemampuan otak yang memampuni disertai dengan keterampilan daya cipta yang tinggi. Salah satu kuncinya adalah globalisasi penndidikan yang dipadukan dengan kekayaan budaya bangsa indonesia. Selain itu hendakya peningkatan kualitas pendidikan hendaknya selaras denga kondisi masyarakat indonesia saat ini. Tidak dapat kita pungkiri bahwa masih banyak masyarakat indonesia  yang masih berada dibawah garis kemiskinan. Dalam hal ini, untuk dapat menikmati pendidikan dengan kualitas yang baik tadi tentu saja memerlukan biaya yang cukup besar.
Pendidikan di Indonesia sekarang membuat rakyat biasa sangat menderita. Pendidikan  menjadi suatu yang tidak terjangkau rakyat kecil. Tidak ada golongan orang miskin dan orang kaya. Lembaga pendidikan telah dijadikan ladang bisnis dan di komersialkan. Implikasinya, jutaan rakyat indonesia belum memperoleh pedidikan yang layak. Bahkan tidak sedikit pula yang masih berkategori masyarakat buta huruf, mereka belum bisa menikmati dunia pendidikan seperti anggota masyarakat yang mampu “membeli” dan menikmati pendidikan.
Realitas menunjukkan, krisis yang menimpa dunia pendidikan di Indonesia. Khususnya kulitas pendidikan yang rendah, merupakan persoalan yang sangat kompleks. Prasarana, sarana, dan fasilitas kurang memadai, Anggaran pendidikan nasional yang sangat minim, dan banyaknya guru yang mengajar tidak sesuai dengan keahlian atau memang belum layak. Disebut guru merupakan faktor yang menyulitkan pengembangan kualitas pendidikan. Belum lagi masalah rendahnya kualitas sumber daya manusia indonesia (mutu lulusan) dan penyelewengan – penyelewengan anggaran pendidikan yang dilakukan oleh aparat dinas didaerah dan sekolah.
Pemerintah sebagai pengemban amanat rakyat dapat bertindak cepat menemukan dan memperbaiki celah – celah yang dapat menyulut kesenjangan dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan cara menjadikan pendidikan di Indonesia semakin murah atau bahkan gratis tapi bukan pendidikan murahan yang tidak berkualitas. Hal ini memang sudah dimulai dibeberapa daerah di Indonesia yang menyediakan sekolah unggulan berkualitas yang bebas biaya. Namun hal tersebut baru kebijakan regional di daerah tertentu. Alangkah baiknya jika pemerintah pusat menerapkan kebijakan tersebut dalam skala nasional. Untuk dapat mewujudkan tersebut pemerintah perlu melakukan pembenahan terutama didalam birokrasi. Korupsi harus segera diberantas, karena korupsi merupakan salah satu yang menghancurkan bangsa ini.

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH ARSITEKTUR KOMPUTER

contoh arsitektur komputer 1.       Arsitektur Von Neumann Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”. Pada perkembangan komputer modern, setiap prosesor terdiri dari atas : Arithmetic and Logic Unit  (ALU) Arithmatic and Logic Unit atau Unit Aritmetika dan Logika berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU menjalankan operasi penambahan,  pengurangan, dan operasi-operasi sederhana lainnya pada input-inputnya dan memberikan hasilnya pada register output. Register. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang  m

Membuat Animasi Apel Jatuh dengan Blender

Pada tulisan kali ini saya menulis tentang cara membuat animasi apel jatuh dari pohon dengan aplikasi blender. 1.        Buka aplikasi blender 2.81. lalu delete cube yang tersedia dengan tombol x pada keyboard. 2.        Kemudian tambahkan objek silinder untuk membuat pohon yaitu dengan tombol shift + a di dalam mesh dan pilih silinder. 3.        Sesuaikan ukuran silinder dengan tombol s yaitu scale. 4.        Kemudian tambahkan objek untuk daun pohon yaitu dengan tombol shift+a di dalam mesh dan pilih uv sphere. 5.        Tempatkan objek daun diatas batang pohon dengan tombol G untuk memindahkan objek. 6.        Untuk membuat tekstur daun pohon dengan sculpting. Yaitu pada menu sculpting pilih tools clay. Dan aplikasikan pada objek sehingga terlihat seperti pohon. 7.        Warnai daun dan batang pada material properties dengan menambahkan material baru lalu pilih warna yang diinginkan dan assign. 8.        Kemudian tambahkan objek buah yaitu uv sphere

PENGERTIAN DAN MANFAAT PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK

Pertukaran data elektronik (bahasa inggris: EDI atau Electronic Data Interchange, juga Electronic Document Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.  Istilah ini umumnya dipakai dalam konteks perdagangan dan bisnis, khususnya perdagangan elektronik atau e-dagang. Biasanya digunakkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan. EDI sangat bergantung kepada pengembangan format standar untuk dokumen-dokumen bisnis seperti faktur, pesanan pembelian, dan surat tanda terima. Harus ada persetujuan dari pelaku-pelaku bisnis yang terkait dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional untuk dapat menggunakan format-format standar ini dan mentransmisikan data secara elektronik. Manfaat EDI. EDI pada penerapannya memiliki dua manfaat, Manfaat Langsung atau manfaat yang berasal d